Kegunaan Bajakah Tampala Merah

Wiki Article

Perhatikan dengan seksama klaim yang dibuat tentang produk. Bagaimana produk dijelaskan? Apakah itu pil “ajaib” yang “meluruhkan” lemak?

Selain dapat membantu menyembuhkan kanker dan tumor, manfaat lain dari madu bajakah ialah untuk menurunkan risiko dan mencegah terjadinya diabetes. Kendati demikian, manfaat ini masih bersifat hipotesis yang berarti diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikannya.

Terutama, kata dia, untuk efek antikanker yang membuat kayu ini sekarang diburu di pasaran. Menurutnya diperlukan beberapa tahapan penelitian agar suatu bahan atau zat dapat direkomendasikan sebagai bahan pengobatan.

Berdasarkan penelitian, tanaman bajakah lamei adalah flora hutan hujan tropis yang tumbuh merambat di daerah lembab.

Perkembangan terbaru, budidaya bajakah kemungkinan dapat dimulai dengan metode kultur jaringan. Selain untuk memenuhi permintaan masyarakat, perbanyakan tanaman juga diperlukan agar tanaman terhindar dari kepunahan.

Bentuk tanaman ini merambat ke pohon-pohon lain. Makanya banyak juga yang menyebut kayu atau batang bajakah Kalimantan sebagai akar bajakah karena bentuknya yang menyerupai akar tumbuhan.

Salep yang mengandung 10 persen ekstrak akar bajakah terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka. Meski begitu, akar bajakah belum bisa dijadikan sebagai obat paten untuk penyembuhan penyakit kulit dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kebanyakan pohon bajakah ditemukan di hutan Indonesia terutama di pulau Kalimantan. Tanaman bajakah ini tumbuh dibelantara hutan yang sedikit terkena sinar matahari.  Dari genus tadi, kayu bajakah disebut kerabat dekat Genus Vigna.

Tanaman kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) merupakan tanaman dari pedalaman Kalimantan Tengah yang telah lama digunakan oleh suku Dayak untuk mengobati berbagai penyakit. Namun tanaman ini belum pernah dibudidayakan karena banyak yang belum mengetahui manfaatnya.

Senyawa aktif yang Bajakah Kalalawit ditemukan dalam ekstrak kayu bajakah menawarkan solusi potensial untuk mengatasi masalah resistensi antibiotik yang semakin meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini efektif melawan berbagai jenis bakteri, membuka jalan untuk obat baru yang lebih aman dan alami.

Hal ini dapat terjadi khususnya jika akar bajakah dikonsumsi secara tersu-meneru dan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, gangguan pencernaan juga mungkin saja terjadi pada orang yang memiliki riwayat asam lambung tinggi maupun maag.

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa pemberian madu bajakah meningkatkan jumlah sel T dan sel B, serta aktivitas sel kekebalan.

Studi tentang propagasi tanaman menunjukkan bahwa pelestarian kayu bajakah tidak hanya penting untuk keberlanjutan lingkungan tetapi juga untuk potensi medisnya.

Kadar ROS yang tinggi berkaitan erat dengan obesitas. Selain itu, konsumsi ekstrak kayu bajakah dapat menurunkan lemak aktif secara efektif.

Report this wiki page